Menelisik Biaya Sertipikat PTSL di Gowa

BERITA78 views

MEDIAKTUAL.COM – GOWA :

banner 970x250

Program strategis yakni Pendataan Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) secara gratis, tujuannya tiada lain untuk membantu masyarakat kecil untuk mendapatkan pensertifikatan  agar pemiliknya memiliki kepastian hukum atas tanahnya.

Permasalahannya, yang kerap dijumpai di lapamgan, meski PTSL ini digaungkan secara gratis.

Tetapi, realitasnya warga masyarakat tetap dibebani biaya atau harus merogoh isi kantong maksimal Rp.250.000/bidang, sesuai regulasi yang dikeluarkan masing-masing pemda.

Seperti PTSL di Kabupaten Gowa, besaran biaya pengurusan sertifikat gratis ini sesuai Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 9 tahun 2018 sebesar Rp.250.000.

Melihat besaran biaya tersebut, maka sudah jelas dan terang benderang bahwa manakala ada oknum aparat, apakah dari BPN, tingkat kecamatan, kelurahan, desa, lingkungan/RW/RT, yang berani ‘mengkarbit’ atau menyimpang dari biaya yang telah ditentukan maka mesti siap menanggung konsekuensinya secara hukum.

Yang memicu keprihatinan saat ini, berdasarkan hasil investigasi MEDIA AKTUAL(cetak & online) di lapangan, toh masih terngiang beberapa keluhan bahkan berani ‘bernyanyi’ soal biaya PTSL yang melampaui aturan Perbup tersebut.

Benarkah terjadi keluhan warga tersebut ?

Inilah yang intens ditelusur Kepala Biro Media Aktual Kabupaten Goes Sahabuddin Sanusi, SH dan siap mengawalnya di seluruh desa dan kelurahan yang mendapatkan jatah PTSL tahun 2023 ini.

Tetta Nyampa,  panggilan akrab Sahabuddin menegaskan, pengawalan itu tak lain membantu kelancaran pelaksanaan PTSL sekaligus meringankan warga masyarakat sehingga tidak terbebani biaya yang jauh lebih tinggi dari ketentuan yang ada.

“Program PTSL sangat menarik untuk dikontrol. Kenapa, karena masih banyak masyarakat awam yang kurang paham sehingga mudah dan berpotensi untuk dibodoh-bodohi. Nah, hal-hal seperti inilah yang kami pantau di lapangan,” tegas Daeng Nyampa, yang juga dikenal sebagai penggiat LSM itu.(red)

banner 970x250

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed