DPRD Gowa Cabut Perda Wajib Masker

DAERAH23 views

MEDIAKTUAL.COM – GOWA :

banner 970x250

Medio Februari, DPRD Kabupaten Gowa menggelar rapat paripurna penyerahan dua Ranperda,  Kamis (16/02/2023).

Agenda penyerahan dua buah Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tersebut,  diserahkan Bupati Gowa DR.H.Adnan Purichta Ichsan.

Dua buah Ranperda itu yakni Ranperda tentang Pencabutan Perda Nomor 2 tahun 2020 tentang Wajib Masker dan Penerapan Protokol Kesehatan dalam Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease 2019.

Kedua yaitu penyerahan Ranperda tentang Perubahan atas Perda Kabupaten Gowa Nomor 15 tahun 2012 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah tahun 2021-2032.

Dihadapan para wakil rakyat, Bupati Adnan  mengatakan, penyerahan Ranperda pencabutan Perda Nomor 2 tahun 2022 terkait wajib memakai Masker dan penerapan Protokol Kesehatan ini karena Presiden sudah mencabut PPMK sehingga tidak ada lagi pembatasan.

“Makanya kita harap Perda ini dicabut. Kenapa dicabut, karena di dalam Perda ini ada sanksinya bagi masyarakat. Jadi kalau misalnya Perda ini tetap berlaku sementara tidak ada lagi pembatasan, berarti tidak perlu lagi diberlakukan. Makanya kita dorong ke DPRD Gowa untuk dilakukan pencabutan,” ujarnya.

Bupati mengurai bahwa terkait Ranperda Tata Ruang Perda Tata Ruang ini sebagai acuan Tata Ruang di Gowa Perdanya dari tahun 2012.

“Jadi sudah 11 tahun lalu Peda ini. Melihat perkembangan pembangunan Gowa yang semakin pesat maka Perda ini perlu dilakukan penyesuaian supaya investor mendapat kepastian mana lokasi wilayah yang tidak boleh dibangunin dan yang boleh,” pungkasnya.

Sementara, Wakil Ketua I DPRD Gowa, Zulkifli S Alimuddin Tiro mengatakan bahwa, rapat paripurna pencabutan Perda PPKM ini sudah sesuai dengan arahan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI di seluruh Kabupaten/Kota.

“Jadi ini sesuai Instruksi Mendagri untuk seluruh Kabupaten/kota itu di wajibkan untuk mencabut SK nya tersendiri,” katanya.

Dengan adanya penyerahan Ranperda ini, imbuh Zulkifli, secara otomatis Perda Wajib Masker sudah dicabut.

“Kalau masker sudah clear. Sudah tidak ada lagi pakai masker. Sudah dicabut, sudah tidak berlaku lagi,” tuturnya.

Politisi Partai Nasdem ini berharap, Perda ini bisa diatur terkait penataan tata ruang zona Kabupaten Gowa.

“Inikan sudah penyerahan, nanti setelah penyerahan, digelarkan lagi rapat Bamus, kapan dibahas lebih teknis lagi secara khususnya oleh Bapemperda,” tukas Zulkifli.

Turut hadir, Wakil Ketua II, Andi Tenri Indah, dan Wakil Ketua III, Risqiyah Hijaz.

Sementara, dari pihak eksekutif hadir Wakil Bupati H. Abd Rauf Malaganni, Sekda Gowa Kamsina, Kapolres Gowa, Dandim Gowa, Kejari Gowa, para pimpinan OPD dan undangan lainnya.(red)

JURNALIS : Rani – Situju – Samjaya – Serang

KORLIP : Muh Yusuf – Anwar Lasilu – Dirwan

REDAKTUR : Mustafa

banner 970x250

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed