oleh

‘Jempol Asik’ Antar Bantaeng Terbaik Satu Nasional

Bupati Ilham Azikin Euforia Pasca Pengumuman Pemenang

MEDIAKTUAL.COM – BANTAENG :

Sarat inovasi dalam berbagai hal pelayanan publik, dipastikan banyak tercipta dari Pemkab  Bantaeng Sulsel.

Salah satunya adalah layanan inovasi yang  menggaung di tingkat nasional yaitu Jempol Asik yang akronimnya Jemput Bola Asuransi Ternak Sapi Untuk Jaminan Kehidupan Peternak.

Berhasilnya program inovasi Jempol Asik tersebut, mengantar Kabupaten Bantaeng lolos dan menjadi nominator dari hasil seleksi yang dilakukan Tim Penilai dari Kementerian PPN/Bappenas, pada Maret 2022 lalu.

Tak dinyana, pada Kamis 28 April 2022, tepatnya di penghujung Bulan Puasa Ramadhan 1443 H, melalui.kegiatan Musrenbangnas 2022 yang dihelat di Istana Negara dan dihadiri Presiden RI Joko Widodo secara virtual, toh Kabupaten Bantaeng sukses menyabet Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) sebagai pemenang Terbaik Satu Nasional.

Bupati Bantaeng DR.H Ilham Syah Azikin bersama sejumlah Kepala OPD menyaksikan  Musrembangnas 2022 di Mall Pelayanan Publik (MPP) Bantaeng, Kecamatan Bantaeng, dibuat terharu atas raihan penghargaan yang sangat prestisius itu.

Daerah-daerah penerima penghargaan, untuk kategori Provinsi terbaik ketiga diraih oleh Bengkulu, kedua Jawa Timur dan pertama adalah Jawa Barat.

Sementara, untuk kategori Kabupaten terbaik ketiga diraih Wonogiri, kedua Sumedang dan terbaik pertama adalah Bantaeng Sulsel.

Inovasi yang banyak memantik kekaguman para pakar yakni  “Jempol Asik”  dimana meningkatkan jumlah ternak sapi dengan asuransi secara signifikan serta peningkatan populasi kualitas tinggi melalui inseminasi buatan.

Untuk kategori Kota terbaik ketiga diraih oleh Malang, kedua Pagar Alam, dan Pare-Pare. Penghargaan khusus diraih Provinsi Sulsel, Bali, dan Kabupaten Hulu Sungai Selatan.

Mendengar hasil pengumuman panitia dengan menempatkan Bantaeng Terbaik Satu, disambut Euforia Bupati Ilham Azikin.

Saking gembiranya, Ketua Umum IKAPTK Provinsi Sulsel bersama sejumlah pejabatnya, sontak berdiri  dengan wajah sumringah seraya menempelkan tangan didada pertanda rasa syukur.

Satu persatu pejabatnya pun mendekat sembari ‘cipika-cipiki’ disambut riuh dengan ucapan ‘Alhamdulillah..Akhirnya Berhasil Juga’.

Usai acara, Bupati Bantaeng Ilham Syah Azikin mengakui,  capaian ini tidak terlepas dari peran, kerjasama, sinergi dan kebersamaan seluruh pihak yang ada di Kabupaten Bantaeng.

“Capaian ini merupakan hasil dari kerjasama yang baik dari seluruh pihak, sinergi dan kebersamaan kita di Bantaeng,” pungkasnya.

Untuk diketahui, selama ini Pemkab Bantaeng telah melaksankan sejumlah program inovasi untuk kepentingan pembangunan kehidupan masyarakat.

Seperti, inovasi  Satu Dusun Saru Bidan, PKM Sinoa;  Raja Smile, RSUD Prof Anwar Makkatutu; GEMPITA, PKM Baruga, Ulang Tahun Di Posyandu, PKM Pa’bentengang,Tim Jalarambang,  Toserbata, Kutabako, Dukcapil Menggombal serta Si Lacak Kades.

Pemberian PPD tersebut,  diharapkan menjadi pionir dalam mempraktekkan evaluasi kreatif terhadap provinsi, kabupaten dan kota untuk menguatkan motivasi, menyebarluaskan inspirasi, dan meningkatkan kualitas serta sinergi pembangunan daerah yang baik.

PEMRED : Ardi Tahir

banner 970x250

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed