oleh

Azikin Solthan ‘Tantang’ Polbangtan Gelar Bimtek di Kampus

-EKOBIS-158 views

Ket.Gambar : Anggota Komisi IV DPR RI Dr.H.Azikin Solthan, M.Si memberikan pencerahan kepada peserta Bimtek, didampingi Direktur Polbangtan Gowa Dr.Ir.Syaifuddin, MP, Sabtu 9 April 2022.(dok)

——————————————————–

MEDIAKTUAL.COM – MAKASSAR :

Untuk kesekian kalinya, Politektik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Kabupaten Gowa  Sulsel, menyelenggarakan kegiatan Bimbingan Teknis (Bintek) peningkatan Kapasitas Petani dan Penyuluh, dihelat di Hotel Raising Jl.Racing Centre Nakassar, Sabtu 9 April 2022.

Yang menarik, meski kegiatan bimtek ini digelar pada momen Bulan Puasa Ramadhan 1443 H namun ratusan peserta yang hadir cukup antusias mengikuti sejumlah materi yang dipaparkan para narasumber.

Bimtek tersebut, dibuka langsung Anggota Komisi IV DPR RI dari Fraksi Gerindra Dr.H.Azikin Solthan, M.Si.

Sebagai pembuka acara, Direktur Polbangtan Gowa Dr.Ir, Syaifuddin, MP mengatakan, pihaknya kini fokus pada eningkatan SDM yakni membangun kekuatan petani untuk mendorong terciptanya peningkatan produksi pertanian.

Dia pun sangat mengapresiasi begitu besarnya komitmen dan atensi Anggota Komisi IV DPR RI H.Azikin Solthan, dimana selana ini berjuang keras mendapatkan ‘porsi’ anggaran yang signifikan maupun bantuan bibit dan peralatan bidang pertanian, khususnya di Sulsel.
.
Syaifuddin mengatakan, kegiatan Bimtek Peningkatkan Kapasitas Petani dan Penyuluh agar petani dapat menerapkan teknologi pertanian demi meningkatkan produksi pertanian.

“Bimtek ini merupakan kebijakan Kementan yang berkonsentrasi untuk jangka panjang dalam menumbuhkan minat anak muda pada sektor pertanian modern.

Apalagi, katanya, sektor pertanian sedang memasuki era baru yang memiliki pendekatan online sistem dan kecerdasan buatan (artificial intelligence).

“Di era sekarang, startup dan robot construction sudah menjadi bagian dari pertanian. Dengan begitu digital systeam menjadi pendekatan baru di sektor pertanian masa depan. Anak muda tidak perlu turun ke lumpur, cukup mainkan remot control sudah bisa tanam dan panen,” pungkas Direktur Polbangtan Gowa itu.

Sementara itu, H.Azikin Solthan menyatakan, kegiatan bimtek ini merupakan salah satu program yang digagas dengan Kementerian Pertanian RI yang bertujuan meningkatkan kapasitas petani dan penyuluh sehingga dapat melahirkan SDM pertanian yang berkualitas dan profesional dibidangnya.

Ketua Bidang Pemerintahan Umum DPP Partai Gerindra itu Azikin mengakui, Komisi IV DPR RI sebagimai.mitra kerja Kementerian Pertanian, berkomitmen tinggi dan terus berupaya mendorong serta membangun kekuatan SDM pertanian karena itu sudah menjadi kebutuhan penting bahkan menjadi hal.mutlak untuk semua daerah, termasuk di Daerah Pemilihannya (Dapil) Sulsel 1,  meliputi Makassar, Gowa, Takalar, Jeneponto, Bantaeng dan Selayar.

‘Dengan adanya bimtek seperti ini, kami berterima kasih kepada Polbangtan Gowa yang terus melakukan akselerasi dan inovasi terutama program-program yang dapat dirasakan langsung untuk kepentingan hidup mssyarakat. Saran saya, kedepan kalau bisa kegiatan seperti ini diadakan di kampus agar peserta, dalam hal ini petani bisa melihat langsung prakteknya di lapangan. Pak Direktur tak perlu risau mengadakan, kami siap menyupport dan bertanggungjawab untuk itu,” tantang Azikin Solthan, Bupati Bantaeng periode 1998 hingga 2008 itu.

Ratusan peserta Bimtek dari bebetapa kelompok tanibdan peternak itu, berasal dari Kabupaten Gowa, Takalar dan Kota Makassar.(red)

PEWARTA : Mansur – Mud Cuplis – Mat Rani

EDITOR : Tajuddin – SS.Nyampa

banner 970x250

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed