oleh

Percepatan Penurunan Stunting BKKBN Siapkan Aplikasi ELSIMIL

MEDIAKTUAL.COM – BONE :

Untuk mempercepat penurunan angka stunting di wilayah Kecamatan Tanete Riattang Timur Kabupaten Bone Sulsel, maka Penyuluh Keluarga Berencana (KB) bersama pemerintah kelurahan, kader dan bidan terus melakukan sosialisai dan pendampingan kepada catin, bumil dan ibu menyusui.

Diketahui, Stunting adalah kondisi gagal tumbuh pada anak balita akibat kekurangan gizi kronis terutama dalam 1000 Hari pertama kehidupan.

Penyuluh KB Kecamatan Tanete Riattang Timur Kastang Salim, mengatakan, untuk mempercepat pelaksanaan program telah dibentuk Tim Pendamping Keluarga (TPK) di desa dan kelurahan yang didalamnya ada bidan, kader PKK dan kader KB yang di SK-kan oleh Bupati.

Tugas tim ini melakukan inventarisasi dan identifikasi sesuai tugas masing masing.
Khusus pendampingan calon pengantin dibuatkan aplikasi Elektronik Siap Nikah dan Hamil (Elsimil) untuk memudahkan TPK melakukan pendampingan,” jelas Kastang Salim.

Menurut mantan aktivis LSM ini, kegiatan ini mulai berlaku pada bulan Januari tahun 2022 dimana semua catin harus mendownload aplikasi ini sebagai salah satu cara mendeteksi catin sehat atau tidak.

Setelah melakukan registrasi dan mengisi kusioner berdasarkan pemeriksaan kesehatan secara otomatis akan keluar sertifikat ideal atau tidak ideal menikah yang diterbitkan oleh BKKBN sebagai koordinator pencegahan stunting.

Tujuannya untuk memastikan semua catin sehat sebelum menikah agar dapat melahirkan anak yang sehat cerdas dan berkualitas.

Untuk membantu koordinasi dan operasionalisasi akan dibentuk Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) kabupaten, kecamatan dan kelurahan/desa,”jelas kastang. (red)

EDITOR : Ical

banner 970x250

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed