oleh

Cuaca Ekstrem Melanda Sulsel, Waspada !

MEDIAKTUAL.COM – MAKASSAR :

Mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, khususnya di tengah kondisi cuaca yang tidak menentu saat ini, pihak Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Makassar mengeluarkan ‘warning’ kepada masyarakat.

Peringatan Dini tersebut, terkait cuaca ekstrem bakal melanda sejumlah daerah di wilayah Sulawesi Selatan selama tiga hari.

“Berdasarkan prospek kondisi dinamika atmosfer menunjukkan adanya potensi peningkatan curah hujan di wilayah Sulawesi Selatan,” ujarPlt Kepala BMKG Wilayah IV Makassar, Irwan Slamet, Jumat 18 Februari 2022.

Dikatakan, hasil pemantauan dinamika atmosfer terkini menunjukkan indikasi adanya potensi peningkatan curah hujan di wilayah Sulawesi Selatan.

Irwan menjelaskan hasil analisis terkini menunjukkan adanya MJO (Madden Julian Oscillation) aktif di kuadran 3 dan bergerak menuju kuadran 4 dan 5 (Maritime Continent).

MJO tersebut, katanya, merupakan suatu gelombang atau osilasi non seasonal yang terjadi di lapisan troposfer yang bergerak dari barat ke timur dengan periode osilasi kurang lebih 30-60 hari.

“Fenomena ini sangat berdampak terhadap kondisi anomali curah hujan pada suatu wilayah yang dilaluinya,” terang Irwan Slamet.

Selain itu, paparnya lagi, anomali suhu muka laut di selat Makassar bagian selatan, perairan Selayar, dan Teluk Bone bagian selatan bernilai positif sehingga menambah massa uap air di wilayah Sulawesi Selatan.

“Kelembaban udara lapisan atas hingga ketinggian 500 mb diprakirakan dalam kondisi basah sekitar 70-100 persen,” sebutnya.

Irwan memprediksi,  pada tanggal 20-23 Februari 2022 akan terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat berpotensi terjadi di wilayah Sulawesi Selatan bagian barat l.

Wilayah yang dimaksud, meliputi Kota Parepare, Kabupaten Barru, Pangkep, Maros, Makassar dan Takalar.(red)

PEWARTA : Mat Rani – Inding – Sam

EDITOR : Tajuddin Ngawing

banner 970x250

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed