oleh

SD Hang Tuah Makassar Kukuhkan Gen-H

MEDIAKTUAL.COM – MAKASSAR :


Upaya Mewujudkan Sekolah Adiwiyata

“Kami yang tergabung dalam Gen-H, dengan ini menyatakan siap mewujudkan SD Hang Tuah Makassar sebagai sekolah Adiwiyata dan sekolah literasi kemaritiman”.

Demikian disampaikan Senatria Suryayudha Patria, murid kelas 5A, begitu dikukuhkan sebagai Tim Gen-H SD Hang Tuah Makassar, Sabtu, 29 Januari 2022.

Pengukuhan tersebut, dilakukan saat peringatan Hari Dharma Samudra ke-60. Hari Dharma Samudra, diperingati setiap tanggal 15 Januari.

Tahun ini, selain diperingati secara meriah dengan beragam pentas seni, mulai dari penampilan murid-murid, orangtua yang tergabung dalam Paguyuban Orangtua Siswa Peduli Anak (PuSPA) hingga guru, juga dimanfaatkan dengan pengukuhan Gen-H.

“Hari ini kita membuat sesuatu yang istimewa, yakni pengukuhan Gen-H. Setelah pengukuhan akan ditindaklanjuti dengan kegiatan-kegiatan,” jelas Arpin, S.Pd, M.Pd, Kepala SD Hang Tuah Makassar.

Dikatakan, Gen-H bisa dibaca sebagai Generasi Hijau atau Generasi Hang Tuah. Gen-H merupakan suatu upaya untuk menciptakan green leadership atau kepemimpinan hijau, sejak dini kepada murid-murid yang merupakan Generasi Z.

“Di depan kaos ini bisa dilihat logonya, sedangkan di bagian belakang, ada tuisan green leadership,” terang Arpin begitu selesai memakaikan kaos ke Sena, sapaan akrab Senatria Suryayudha Patria.

Peringatan Hari Dharma Samudra di sekolah yang terletak di Jalan Serdako Usman Ali Nomor 4, Kelurahan Totaka, Kecamatan Ujung Tanah itu, dihadiri segenap dewan guru, termasuk Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan dan Humas, Debora Matande, S.Pd, dan Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikukum dan Sarana Prasarana, Sulis Wati’ah, S.Ag, S.Pd.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya, saat pemberian penghargaan Adiwiyata Mandiri dan Adiwiyata Nasioanl, tahun 2021, menekankan pentingnya green leadership untuk membangun dan menjaga lingkungan hidup.

Program Gen-H yang baru diluncurkan ini merupakan perwujudan hak partisipasi anak, di mana anak-anak sebagai agent of change, akan bersama-sama pemangku kepentingan lain, menjadikan SD Hang Tuah sebagai Sekolah Adiwiyata.

Kehadiran Gen-H ini, terang Arpin, akan menerjemahkan hasil Seminar Nasional Kemaritiman, yang mengharapkan terbentuknya laskar bahari.

“Gen-H akan jadi cikal bakal kita lebih mengembangkan literasi kemaritiman,” imbuhnya.

Tujuan Gen-H, lanjutnya, untuk mewujudkan kepemimpinan hijau, mendorong inisiatif dan kepeloporan anak-anak dalam pelestarian lingkungan, dan membentuk karakter anak yang pro lingkungan.

Selain itu, untuk membangun gerakan literasi lingkungan berbasis sekolah dan menumbuhkan kesadaran lingkungan antarteman sebaya.

Penggiat literasi dan penulis buku, Rusdin Tompo, memberi apresiasi atas hadirnya inovasi Gen-H ini. Aktivis hak anak tersebut memang selalu mendorong hak partisipasi anak di sekolah-sekolah.

Apalagi SD Hang Tuah Makassar, sejak tahun 2018, sudah menyatakan kesiapannya sebagai Sekolah Ramah Anak (SRA).

“Jadi Gen-H ini punya banyak dimensi, untuk sekolah Adiwiyata, SRA, Penguatan Pendidikan Karakter, juga gerakan literasi sekolah, terutama literasi maritim,” tuturnya.(rls/red)

WAPEMRED : Ahmadi Haruna

banner 970x250

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed