Jeneponto ‘Tiup Lilin’

DAERAH94 views

Setumpuk ‘PR’ Hadang Iksan – Paris

banner 970x250

MEDIAKTUAL.COM – JENEPONTO :

Seiring lembaran almanak tergulung pelan, tanggal 1 Mei 2021, usia Kabupaten Jeneponto genap 158 tahun.

Sayangnya, tahun ini, prosesi perayaan ULTAH daerah berjuluk Butta Turatea itu, publik tidak disuguhkan lagi dengan kesemarakan kegiatan serimonial

Pasalnya, selain keterbatasan aktivitas menjalankan Ibadah Puasa ramadhan 1442 Hijriah, juga menghindari terjadinya penyebaran Covid-19 yang sampai saat ini belum melandai.

Kendati begitu, perhelatan hari Jadi Jeneponto (HJJ) ke-158 tahun 2021 tersebut, tetap dilaksanakan secara sederhana melalui Rapat Paripurna DPRD Jeneponto, tentu dengan mematuhi protokol kesehatan.

Intinya, memaknai momentum HJJ tahun ini, setidaknya menjadi refleksi, evaluasi sekaligus introspeksi diri bagi Pemkab Jeneponto bahwa  menapaki periode kedua pemerintahan  Bupati H. Iksan Iskandar – H. Paris Yasir, tentu saja menggelayut beragam pertanyaan dibenak masyarakat.

Sudahkah ‘wajah’ pembangunan  berubah, tak adakah lagi jeritan hidup rakyat yang bermukim di pesisir pantai dan di pelosok desa nun jauh disana?

Lebih urgen lagi, kapan Jeneponto bisa mewujudkan obsesi meraih ADIPURA dan merealisasikan target mendapatkan predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) ?

Seabrek pertanyaan publik ini, yang lebih berkompeten menjawabnya tentulah Bupati Iksan Iskandar sendiri.

Mestinya, di tengah upaya Iksan yang ‘notabene’ sudah berjuang keras melepaskan Jeneponto dari statusnya sebagai daerah ‘TERTINGGAL’ di Indonesia dua tahun lalu, target-target yang telah direncanakan tak boleh ‘stagnan’ lagi.

Di masa kekinian, Jeneponto bukan lagi eranya jadi penonton tapi harus terus berakselerasi.

Kuncinya, yah butuh kualitas SDM.

Apalah artinya, Jeneponto memiliki potensi dan kekayaan SDA jika SDM tidak siap untuk mengelolanya.

Inilah ‘PR’ penting yang mesti disikapi para pemangku kepentingan, terkhusus bagi Iksan Iskandar sebagai decision maker.

Selamat ‘Tiup Lilin’ ke-158, semoga obsesi menuju Jeneponto yang Sehat dan Smat segera terwujud, meskipun pandemi Covid-19 belum landai.(pemred)

banner 970x250

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed