Jeneponto Bakal Jadi Kawasan Kargo

EKOBIS85 views

Jalin Kerjasama PT.Pelindio IV Makassar

banner 970x250

MEDIAKTUAL.COM – JENEPONTO :

Di masa kekinian, Kabupaten Jeneponto tak lagi bisa dianggap tertinggal dari aspek pembangunan ketimbang daerah lain yang ada di Provinsi Sulsel.

Pasalnya, meski masih banyak kelemahan dan kekurangan, tapi toh disisi potensi wilayah (SDA) daerah berjuluk Butta Turatea itupun punya kelebihan tersendiri.

Sebut saja, kehadiran PLTU Punagaya Bangkala dan PLTB yang berlokasi dibDesa Lengke-Lengkese Kec.Binamu yang mampu memasok energi listrik sebesar 72 MW.

Yang menggembirakan, tahun ini Jeneponto kembali dilirik perusahaan BUMN terbesar yakni PT.Pelindo IV Makassar untuk melakulsn kerjasama dalam pembangunan Kawasan Kargo atau peti kemas di wilayah selatan Sulsel.

Keseriusan Pelindo tersebut, ditunjukkannya dengan melakukan kunker di Jeneponto, Senin 19 April 2021.

Kedatangan Direktur Utama Pelindo IV Makassar Prasetyadi dan Kadis Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulsel Ashari Fakhsirie Radjamillo, diterima resmi Bupati Iksan Iskandar, berlangsung di ruang kerja Bupati Jeneponto.

Kunker tersebut, untuk memperkuat kerasama sekaligus konsolidasi barang atau pelabuhan darat pengangkutan peti kemas dari hasil pertanian dan rumput laut di kabupaten Jeneponto dan Kabupaten tetangga di bagian selatan.

Ketika ini jadi di bangun,  selain untuk menggerakkan ekonomi di daerah juga diharapkan dapat mengurai kemacetan kendaraan besar menuju kKota Makassar.

Kadis Perindag Ashari F Radjamilo menyampaikan, erja sama ini telah mendapat persetujuan dari Plt. Gubernur Sulawesi Selatan untuk di sampaikan ke daerah yang memiliki potensi pengembagan kawasan kargo dan Jeneponto menjadi salah satu daerah yang dilirik.

Rencana tersebut, direspon positif Bupati Iksan Iskandar merespon baik pemaparan Dirut Pelindo IV Makassar.

Bupati Jeneponto dua periode itupun memerintahkan ke dinas terkait untuk dapat bersinergi dengan baik dan tetap mengacu pada regulasi yang ada dalam menindaklanjuti seluruh kebutuhan dan aspek teknis demi kelancaran kegiatan tersebut kedepan.

Iksan menjelaskan,  terkait potensi yang di miliki oleh Jeneponto baik di sektor pertanian, perkebunan serta perikanan dan kelautan di Kabupaten Jeneponto yang cukup banyak dan dibutuhkan alat dan biaya transport yang tidak kecil ke Makassar.

Namun,  setelah terjadi penandantanganan MoU dengan pihak Pelindo IV Makassar dan Kawasan Kargo ini dibangun di daerah ini maka Jeneponto menjadi daerah yang berkontribusi dalam mengatur jalur transportasi peti kemas/kargo di daerah selatan.

“Kita yakini juga ini akan menggerakkan ekonomi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” pungkas Iksan.

Hadir dalam pertemuan ini, diantaranys Kepala Bappeda Jeneponto, Kadis Perhubungan, Kadis PTSP, Kadis Perumahan dan Pemukiman dan Sekretaris Perindag Jeneponto.(r/rir/red)

banner 970x250

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed