BNNK Polman Tembak Pelaku Narkoba

HUKRIM32 views

MEDIAKTUAL.COM – POLMAN :

banner 970x250

Kian menjadi-jadi. Di Bulan Puasa Ramadhan 2021 Masehi ini, peredaran narkotika di sejumlah daerah berhasil digagalkan aparat keamanan.

Pasca petugas BNN pusat berhasil menangkap tiga bandar narkoba jenis sabu  dan BB sebanyak 89 Kg di Bajoe Kabupaten Bone Sulsel, satu diantaranya tewas ditembak di (18/4), kasus serupa juga berhasil dilakukan  personel gabungan yang dimotori BBNK Polewali Mandar Sulbar dengan mengamankan dua orang pelaku yang berniat melakukan transaksi dengan menggunakan mobil, Sabtu 17 April 2021.

Dalam konferensi pers yang dipimpin Kepala BNN Provinsi Sulbar, Brigjen Pol Sumirat Dwiyanto  menyampaikan, berawal dari informasi masyarakat tentang akan terjadinya transaksi narkotika di wilayah Polman, sehingga BNNK segera bertindak melakukan penyelidikan.

“Dengan mengumpulkan berbagai data dan informasi sehingga pada Kamis 15 April 2021, sekitar pukul 15.00 WITA, tepatnya depan kantor UPPKB Jembatan timbang Jalan Poros Polman-Pinrang, Tim Gabungan melakukan pemeriksaan terhadap kendaraan yang dicurigai, yaitu 1 unit kendaraan roda empat jenis Toyota Avanza warna putih dengan nomor plat DC 1493 CY,” katanya.

Sumirat mengatakan, salah satu penumpang tersebut di ketahui merupakan residivis yang baru saja bebas dari Rutan kelas Ill Mamasa,

Bahkan yang bersangkutan, masih dalam menjalani wajib lapor di Lapas Polman.

“Saat dilakukan razia dan pencegatan, dua orang yang berada di dalam mobil tesebut dengan inisial SN dan SBD sempat akan menerobos petugas, namun dengan kesigapan petugas, mobil tersebut bisa di hentikan,” terang Brigjen Pol Sumirat.

Hasilnya, sebut dia, tim lakukan pemeriksaan serta penggeledahan, dan dari bawah tempat duduk penumpang depan di temukan dua plastik bening yang di duga berisikan narkotika jenis sabu.

“Saat dilakukan pemerikasaan dan penggeledahan secara mendalam, di temukan kembali lima plastik bening yang diduga berisikan narkotika jenis sabu yang disimpan didalam termos air berwarna biru, selanjutnya ke dua orang tersebut di amankan ke kantor BNNK Polman,”  jelas Sumirat.

Dikatakan, melihat peluang dan kelengahan petugas BNNK Polman, SN mencoba untuk melarikan diri, tetapi pada saat tersangka SN berupaya melarikan diri, petugas memberikan tembakan peringatan ke udara sebanyak tiga kali.

“Rupanya,  tersangka SN tidak menghiraukan, sehingga petugas mengambil langkah tegas dan terukur ke tersangka SN dengan cara melumpuhkan,” papar Sumirat.

Ditegaskan,  tersangka telah melakukan pelanggaran tindak pidana sebagaimana Pasal 114 Ayat (2) Subsider Pasal 112 Ayat (2) Junto Pasal 132 Ayat (1) Undang Undang Nomor 35 tahun 2009, tentang narkotika, dengan ancaman hukumannya paling singkat 5 tahun dan paling lama 20 tahun penjara.

“Ke dua orang tersangka dengan inisial SN dan SBD telah memiliki 7 plastik narkotika jenis sabu dengan berat 350 gram. Selain narkotika jenis sabu, petugas juga menyita 2 buah Hp, 1 termos air berwarna biru dan 1 unit kendaraan Toyota Avanza warna putih,” ungkapnya.

Turut hadir, Kepala BNNK Polman Sabri Syam, Kepala Beacukai Pare Pare Nugroho Wigijarto, Kasdim 1402 Polman Mayor Arm Muhammad Yunus, dan Wakapolres Polman Kompol Douglas T. (r/red)

KORLIP : Tetta Ampa/Ngemba

banner 970x250

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed