Pangdam Hasanuddin Disambut Angngaru

TNI-POLRI154 views

Kodam Gelar Acara Lepas Sambut

banner 970x250

MEDIAKTUAL.COM – MAKASSAR :

Setelah resmi dilantik oleh Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Andika Perkasa di Mabesad Jakarta pekan lalu, Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Mochamad Syafei Kasno, S.H., bersama Ketua Persit Kartika Chandra Kirana PD XIV/Hasanuddin Ny. Indah Syafei disambut dengan Angngaru dan Tari Paduppa, begitu menginjakkan kaki di Markas Komando Kodam (Makodam) XIV/Hasanuddin Jl. Urip Sumoharjo Makassar, Senin (5/04).

Tradisi penghormatan yang dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan tersebut merupakan bentuk warisan nenek moyang di Bumi Angging Mamiri Bugis-Makassar di saat pejabat baru menginjakkan kakinya dalam mengawali tugas pengabdiannya.

Diawali dengan pengalungan Lipa’ Sabbe kepada Mayjen TNI Mochamad Syafei Kasno, S.H., dan pemberian hand bucket (bunga tangan) kepada Ny. Indah Syafei yang dilakukan oleh Tau Lolona dan Tau Rungkana Mangkasara.


Kemudian disambut Angngaru,  sebagai simbol menandakan sumpah setia seorang prajurit yang rela mengorbankan jiwa raganya kepada pemimpinnya, selanjutnya ditutup dengan Tari Paduppa sebagai simbol tradisi menyambut tamu agung.

Selanjutnya, dilaksanakan penghantaran kepada pejabat lama Mayjen TNI Andi Sumangerukka, disertai pengalungan (bunga) Lipa’ Sabbe dan pemberian hand bucket (bunga tangan) kepada Ny. Arinta Andi Sumangerukka diiringi lagu kapan-kapan kita berjumpa lagi, maupun penyampaian pesan dan kesan pejabat lama Pangdam, berakhir sampai pintu depan Makodam.

Usai acara penghantaran, di malam harinya pun dilanjutkan acara lepas sambut yang dihadiri oleh para pejabat Forkopimda Sulsel, Sulbar dan Sultra, para tokoh agama, tokoh masyarakat, insan pers serta pejabat TNI Polri.

Mochamad Syafei Kusno mengatakan, apa yang telah dirintis oleh Pangdam XIV/Hasanuddin sebelumnya, khususnya berbagai keberhasilan yang telah diraih dan dirintis Mayjen TNI Andi Sumangerukka,  Insya Allah akan dilanjutkan, demi kemajuan Kodam XIV/Hasanuddin dan kepentingan pertahanan di wilayah Sulawesi Selatan, Barat dan Tenggara.

“Saya juga mengharapkan dukungan serta bantuan dari Forkopimda Sulsel, Sulbar dan Sultra, para tokoh agama, tokoh masyarakat, insan pers dan segenap instansi di wilayah ini, sehingga berbagai kebijakan Kodam XIV/Hasanuddin yang akan datang memiliki relevansi dan selaras dengan kebutuhan serta kepentingan pertahanan dan keamanan di wilayah Kodam XIV/Hasanuddin,” ungkapnya.

Sementara itu,
Andi Sumangerukka menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para Gubernur dan segenap unsur Forkopimda Sulsel, Sulbar dan Sultra beserta para tokoh masyarakat, pemuka agama, tokoh pemuda serta segenap instansi unsur lainnya, yang selama ini telah memberikan dukungan serta kerja sama selama memimpin Kodam XIV/Hasanuddin.

“Saya berharap, dukungan dan kerja sama yang telah dibangun dan diberikan oleh berbagai pihak selama ini, dapat terus dilanjutkan dan ditingkatkan kepada Pangdam XIV/Hasanuddin yang baru,” tandasnya.

“Selanjutnya, saya sangat menyadari, bahwa selaku manusia biasa yang penuh keterbatasan, saya tentunya tidak terlepas dari berbagai kekurangan dan kekhilafan, sehingga mungkin saja banyak sikap serta tindakan saya yang tidak berkenan. Oleh karena itu, pada kesempatan ini, saya beserta keluarga mohon maaf yang sebesar-besarnya”, tutupnya. (Pendam/red)

REDAKTUR : Fakhruddin

banner 970x250

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed